by

Ajak Anak Usia Dini Melek Literasi, PT Timah Tbk Sumbang Ribuan Buku Kepada RQB Belitung Timur

BELITUNG TIMUR. PT Timah Tbk merupakan perusahaan plat merah bidang pertambangan yang dikenal konsisten mendukung upaya pemerintah memajukan dunia pendidikan di Tanah Air . Salah satu bentuk dukungan PT Timah Tbk, adalah menyerahkan bantuan dana buat pembelian buku pelajaran baru kepada Rumah Quran Bentaian (RQB) Desa Nyuruk, Kecamatan Dendang, Kabupaten Belitung Timur.

Bantuan PT Timah Tbk, ini dalam rangka meningkatkan minat baca dikalangan para pelajar di Kabupaten Belitung Timur.

Ketua Rumah Quran Bentaian, Leni mengatakan guna mendukung program RQB, pihaknya berencana akan membuka sekolah usia dini tingkat TK, yang sampai sekarang tidak ada satupun sekolah TK di dusun Bentaian dan dusun Nyuruk, Belitung Timur.

“Banyak program unggulan di sekolah ini nantinya, sehingga diharapkan kualitas pendidikan anak-anak di daerah laskar pelangi dapat meningkat,”tuturnya.

Ditanya soal bantuan dari PT Timah, Leni mengatakan bantuan buku ini sangat tepat, karena buku sebagai sarana baca bagi siswa khususnya anak-anak di RQB untuk menambah pengetahuannya.

“Kami dan segenap relawan RQB berterimah kasih kepada PT.Timah kerena telah memudahkan kami dalam kelancaran kegiatan di RQB. Semoga PT Timah Tbk kedepannya semakin sukses dan berkah,”ucapnya.

Leni menjelaskan, bantuan buku dari PT Timah ini akan digunakan untuk kegiatan literasi atau membaca anak-anak di RQB. Sebelumnya, PT Timah juga pernah menyerahkan bantuan buku-buku lainnya yang kini tertata rapi di perpustakaan mini RQB.

“Bantuan dari PT Timah Tbk sangat sesuai, kerena di RQB tidak hanya ada kegiatan anak-anak dan remaja saja, melainkan ada juga kegiatan ibu-ibu majelis ta’lim, serta bedah buku parenting,”kata Leni mengaku senang dengan adanya bantuan buku-buku untuk kalangan anak-anak, remaja maupun buku-buku parenting untuk literasi orang tua.

Lanjut Leni, ketika PT Timah Tbk memberikan hadiah berupa tas, buku serta alat tulis anak-anak sangat gembira, dan orang tua pun sangat senang karena membantu dan mempermudah untuk kegiatan literasi anak-anak di RQB.

” PT Timah Tbk sangat berkontribusi akan kebutuhan Rumah Qur’an,  diberikan sumbangan buku dan sumbangan berupa uang untuk kebutuhan RQB,”pungkasnya.

Senada, Kepala Desa Bentaian Gurdi mengapresiasi bantuan PT Timah Tbk, sebab kata dia RQB akan dikembangkan menjadi PAUD, sehingga bantuan buku itu sangat diperlukan.

” Mudah-mudahan RQB bisa lebih maju dan berkembang, kami sangat berterima kasih kepada PT Timah Tbk,” kata Gurdi.

Gurdi berharap, bantuan dari PT Timah Tbk terus berkelanjutan, dan PT Timah Tbk terus maju dan berkembang.

“PT Timah Tbk sangat rutin membantu RQB terutama bantuan dana dan buku-buku pelajaran. Bantuan dana diperuntukan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di RQN selama satu tahun.

Sekedar informasi, literasi merupakan kemampuan mendasar yang harus dimiliki semua orang, termasuk kamu sebagai generasi muda di Indonesia.

Pada tahun 2020 tingkat kebiasaan membaca di Indonesia telah mengalami peningkatan dari dua tahun ke belakang.

Berdasarkan info grafik Kebiasaan Membaca Dunia, Indonesia akhirnya menduduki peringkat ke16 yang ditandai oleh lamanya waktu membaca per minggu dengan rata-rata 6 jam.

Kebiasaan membaca ini juga disebut sebagai budaya literasi.

Penulis ; Niza Karyadi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.