Tiga Hari Rangkaian Peringatan Hari Koperasi di Beltim

Daerah10 views

Belitung Timur, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur menggelar Peringatan Hari Koperasi Koperasi Nasional ke-76 tahun 2023 di Halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakerkopukm), Rabu (26/7/23).


Rangkaian peringatan Hari Koperasi tahun 2023 akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari Rabu (26/7/23) hingga Jum’at (28/7/23). Mulai dari Lomba-Lomba untuk pengurus koperasi, bazar UMKM, senam dan jalan sehat untuk umum akan dilaksanakan di Disnakerkopukm. 


Ketua Panitia Peringatan Hari Koperasi Kabupaten Beltim tahun 2023, Bastra Nurjaya mengatakan peringatan ini untuk menggelorakan gerakan ‘Bangga Berkoperasi Indonesia Maju’ kepada seluruh anggota dan pengurus koperasi hingga masyarakat. 


“Menjadikan peringatan Hari Koperasi ini sebagai momentum mensosilisasikan koperasi secara luasdan merivitalisasi pemahaman masyarakat mengenai koperasi agar lebih positif serta menata ulang perkoperasian di Kabupaten Beltim,” kata Bastra. 


Selain lomba dan kegiatan bazar, pada Hari Koperasi ini juga, panitia menyerahkan bingkisan sebagai apresiasi kepada para sesepuh gerakan koperasi di Kabupaten Beltim. Sebanyak 7 orang sesepuh koperasi diberikan bingkisan dari Bupati Beltim Burhanudin. 


“Tujuan kita untuk memperkuat nilai-nilai jati diri koperasi kepada masyarakat bangsa dan negara,” ujar Bastra. 

Koperasi Harus Tangkap Peluang
Hingga Juli 2023, di Kabupaten Beltim setidaknya ada 141 Koperasi yang terdaftar Disnakerkopukm Kabupaten Beltim. Dari jumlah tersebut 80 masih aktif, sedangkan 61 lainnya sudah tidak aktif. 


Kondisi pasang surut koperasi di Kabupaten Beltim diakui oleh Bupati Beltim Burhanudin. Menurutnya selama 20 tahun Kabupaten Beltim berdiri cukup banyak koperasi yang berdiri. 


“Koperasi di kita banyak, tapi upaya untuk meningkatkan jenis usaha koperasi yang mesti ditingkatkan,” kata Aan sapaan Burhanudin saat membuka Peringatan Hari Koperasi ke 76 tahun 2023 di Halaman Disnakerkopukm, Rabu (26/7/23). 


Koperasi di Kabupaten Beltim, lanjut Aan harus membangun komitmen dan integritas terhadap upaya untuk membangun peluang ekonomi yang ada di daerah untuk senantiasa dikembangkan oleh koperasi sebagai wadah bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya.


“Banyak peluang usaha yang bisa ditangkap oleh Koperasi tidak hanya mengandalkan satu sisi usahanya. Untuk bicara usaha peningkatan koperasi kita tidak hanya bicara 5 tahun kemudian, dari sekarang mulailah merintis sambil menunggu perubahan Undang-Undang Koperasi,” ujar
Aan. ( Niza Karyadi )