Semarak Event JPJR Belitung Timur Dimulai 3 -7 September 2022

Daerah15 views

Belitung Timur, Staf Ahli Bidang Pengembangan Usaha Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Dadang Rizki mengapresiasi event Opening Ceremony Jelajah Pesona Jalur Rempah (JPJR) Belitung Timur yang dilaksanakan di Lapangan Yagor Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Sabtu (3/9).

Event JPJR tahun 2022 yang berlangsung 3-7 September 2022 ini merupakan bagian dari program Indonesiana, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI serta event ini menjadi bagian dari Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

“Saya sangat mengapresiasi event ini dilaksanakan di Kabupaten Beltim sebagai penggerak ekonomi masyarakat, sosial budaya dan pariwisata. Artinya, acara ini salah satu cara mendatangkan wisatawan karena wisatawan nusantara yang hadir dalam suatu daerah akan belanja oleh-oleh,” kata Dadang dalam sambutannya.

Bupati Belitung Timur Burhanudin yang akrab disapa Aan menjelaskan keberadaan Kabupaten Beltim sebagai salah satu wilayah dalam pusaran sejarah jalur rempah yang ada di Pulau Belitong, menjadi bukti sejarah masa lalu bahwa Kabupaten Beltim menjadi salah satu alur penting pelayaran sejarah rempah di dunia.

“Catatan sejarah Kabupaten Beltim yang menjadi bagian alur penting pelayaran sejarah rempah di dunia, melatarbelakangi Pemkab Beltim untuk mempopulerkan jejak dan masa depan jalur rempah di Beltim melalui festival Jelajah Pesona Jalur Rempah Beltim,” kata Aan.

Dengan demikian, JPJR Belitung Timur telah menjadi bagian dalam pemajuan budaya daerah, sejak tahun 2019 yang lalu. Dimana pemajuan budaya yang dimaksud, menyiratkan arti penting dari kebudayaan daerah, yang perlu dilindungi, dikembangkan, dimanfaatkan untuk mendukung keberlanjutan kebudayaan daerah, yang diharapkan akan mampu memberikan kebermanfaatan budaya itu sendiri, baik dalam sektor pendidikan, ekonomi dan budaya itu sendiri.

Disisi lain, Evi Nardi selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beltim mengungkapkan event JPJR Belitung Timur merupakan tahun keempat sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2019 yang lalu.

Dalam event ini, kegiatan JPJR mengalami perkembangan signifikan dengan melibatkan lebih dari 50 UMKM se Beltim, melibatkan lebih dari 100 praktisi seniman dan budayawan serta melibatkan seniman dari 15 provinsi di Indonesia.

“Adanya event ini diharapkan akan semakin menyemangati kita untuk memajukan kebudayaan dan pariwisata daerah,” kata Evi.

Dalam event JPJR tersebut dihadiri juga oleh Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar, unsur forkopimda, pimpinan perusahaan dan undangan penting lainnya.

Berbagai acara ditampilkan untuk menghibur masyarakat antara lain penampilan Festival Gambus Nusantara yang merupakan penampilan kolaborasi antara Spice of Svara, pemusik dari Sanggar-sanggar di Kabupaten Belitung Timur, dan Persatuan Drum Band Indonesia Belitung Timur yang berjumlah 50 orang, beserta pemain gambus dari 15 provinsi di Indonesia dan alat musik tradisional lainnya, kemudian penampilan DJ diikuti pesta kembang api.

Rangkaian acara yang akan dilaksanakan antara lain pada tgl 5 September 2022 yakni   Parade Figur Rempah yang dimulai pukul 13.00 WIB dengan start dari Halaman Depan Koramil Manggar hingga finish di Lapangan Yagor Manggar. Kemudian ada Malam Enterpreneurship Rempah. Pada tanggal 6 September 2022 ada  seminar nasional, malam tradisi sungai dan bahari tanggal 7 September 2022 ada Permainan Tradisional Galah Panjang  serta permainan tradisional Engrang di Lapangan Yagor  Manggar. (*/Niza Karyadi )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *