by

Acep Jamhuri: Karawang Memiliki Peran Sentral dalam Perkembangan Bangsa Indonesia

Acep Jamhuri, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang yang sekaligus sebagai Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Karawang menghadiri buka puasa bersama yang bertempat di Wisata Agro dan Edukasi Talaga Reumis Rengasdengklok,Karawang pada Rabu (13/04/2022).

Buka Puasa Bersama yang digagas oleh Komunitas BACOK (Berbagi Cerita Orang Karawang) dengan Tema Lestari Budaya, Lestari Silat Karawang. Acara dimulai dari pukul 16.00 WIB sampai selesai.

Menurut Ardawi Sumarno, salah satu penggiat silat dari Komunitas BACOK acara ini dhadiri juga oleh para perguruan silat yang ada di Karawang serta para mahasiswa PJKR FKIP UNSIKA yang ikut serta dalam pelestarian silat Karawang.

“Kegiatan buka puasa bersama ini adalah momentum untuk terus berkontribusi sebagai pelestarian pencak silat khusus di kabupaten karawang, agar kedepannya pencak silat bisa terus berkembang di tanah pangkal perjuangan,” ujar Ardawi Sumarno yang juga merupakan dosen di PJKR FKIP UNSIKA.

Ardawi Sumarno (kiri) bersama Acep Jamhuri Sekda Kabupaten Karawang

Dalam sambutannya Acep Jamhuri berharap akan banyak literasi yang menggali peran Kabupaten Karawang sebagai salah satu pusat peradaban bangsa Indonesia.

“BACOK Berbagi Cerita Orang Karawang, kita harus melihat dari sudut pandang mana bercerita tentang karawang, karena pusat peradaban dari mulai abad ke 1 sampai hari ini Karawang memiliki peran sentral dalam perkembangan bangsa Indonesia, kedepannya harus banyak literasi untuk kabupaten karawang,” tutur Acep Jamhuri.

Saat ini Komunitas BACOK sedang mengumpulkan data dan materi yang akan diterbitkan dalam sebuah buku yang berjudul “Lestari Silat Karawang”. Buku ini akan membahas tentang Pencak Silat dari kaca mata orang karawang, data itu di ambil dari sumber setiap perguruan silat di kabupaten Karawang. (Alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.