Serunya, Pelajar SMAN 1 Simpang Pesak Belajar Tentang Timah dan Kunjungi Kampong Reklamasi Selinsing

Daerah16 views

BELITUNG TIMUR – Para pelajar dari SMAN 1 Simpang Pesak, Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur antusias belajar tentang sejarah timah dan PT Timah Tbk. 

Rombongan pelajar ini mengunjungi Kantor Unit Produksi Belitung Lenggang Gantung Kecamatan Gantung yang disambut oleh Kelapa Unit Produksi Belitung Achmad Haspani beserta jajarannya, Kamis (06/10/2022). 

Dalam kunjungan ini, para pelajar menerima informasi tentang sejarah timah, mekanisme dan tata laksana penambangan timah, kegiatan CSR dan kontribusi PT Timah Tbk ke negara, serta upaya pengelolaan lahan yang dilakukan PT Timah Tbk. 

Selain mendapatkan informasi, para siswa ini juga berkunjung ke gudang bijih timah untuk melihat penerimaan proses dan pengolahan bijih timah, preparasi pengambilan Oc balance dan microskop dan penentuan kadar SN/kimia 

Selanjutnya, berkunjung ke kampong Reklamasi Selinsing melihat upaya pengelolaan lingkungan yang dilakukan  PT Timah Tbk.

Ketua Osis SMAN 1 Simpang Pesak, Fitriani terkesan ke PT Timah Tbk di Gantung, pasalnya mereka bisa mengetahui tentang timah mulai dari sejarah hingga kontribusi pendapatan ke negara.

“Setelah kunjungan ini kita tau bagaimana timah itu dari mulai ditambang hingga jadi logam dan lain-lainnya,” kata Fitriani.

Dengan kunjungan ini mereka bisa mendapatkan edukasi tentang timah. Ia berharap PT Timah Tbk bisa berkembang dan terus memanfaatkan sumber daya alam. 

Kepala TU SMAN 1 Simpang Pesak, Yanto mengatakan, kunjungan itu merupakan tindaklanjut dari pembelajaran, sehingga tidak hanya di sekolah namun juga ada kunjungan lapangan.

Mereka memilih PT Timah Tbk, sebab menurut Yanto, PT Timah Tbk merupakan perusahaan terbesar di Pulau Belitung, maka mereka ingin melakukan kunjungan dan belajar lebih banyak tentang timah dan PT Timah Tbk.

“Kami ajak siswa kelas 11 dan 12, khusus kepengurusan osis,” katanya.

Yanto memaparkan, mereka sangat bersyukur dan berterima kasih kepada PT Timah Tbk telah menerima mereka. 

“Ternyata masih banyak hal yang kita belum tau tentang timah, selama ini yang kita tau setelah dapat timah langsung jual, tapi di PT Timah Tbk ini kita tau semua prosesnya,” jelasnya.

Bahkan, PT Timah Tbk juga melakukan reklamasi juga menjaga keberlangsungan lingkungan pasca penambangan itu. 

“Jadi tadi kita tahu lobang-lobang di sini bukan dari aktivitas PT Timah Tbk, tapi aktivitas masyarakat penambang lain,” paparnya.

Melalui kunjungan ini juga bisa memotivasi para pelajar agar belajar dan giat menempuh pendidikan. 

“Kita memotivasi anak-anak lebih giat sekolah dan belajar, jangan sampai tergiur dengan kawan-kawan yang tidak sekolah dan telah bekerja,” tandasnya. ( Niza Karyadi )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *