by

Rektor UGL Indra Utama : Membangun Sektor Pendidikan Perlu Dukungan Semua Elemen Masyarakat

KUTACANE,- Universitas Gunung Leuser Aceh Kutacane merupakan lembaga pendidikan tinggi satu satunya dan menjadi kampus kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Aceh Tenggara atau yang lebih populer dengan sebutan Bumi Metuah Sepakat Segenep di Tanoh Alas.

Keberadaannya yang strategis di jantung kota yang juga menjadi pusat pendidikan Kampung Pelajar Babussalam Kutacane sekitar 1.5 km dari pusat kota Kutacane.

Rektor Universitar Gunung Leuser Dr Indra Utama S Pd M Pd menuturkan bahwa UGL telah memiliki sarana dan prasarana gedung pendukung yang sudah sangat memadai. Walaupun tidak dapat dikatakan megah dan mewah seperti gedung perkuliahan lainnya namun keberadaan UGL sekarang sudah terdiri dari 4 fakultas, yakni fakultas pertanian, rkonomi, teknik sipil dan FKIP.

“Untuk tahun depan kita rencanakan membuka program studi peternakan,”ujar Indra Utama di ruang kerjanya, Kamis (12/8/2021).

Saat ini, lanjut Indra, Universitas Gunung Leuser memiliki akreditasi baik dan baik sekali. Menurut Indra dalam waktu yang relatif singkat sehingga ini menjadi bukti bahwa Indra Utama betul betul mampu menunjukkan jati dirings sebagai seorang akademisi kampus dalam hal meningkatkan mutu pendidikan UGL. “Kendati kedepan akan terasa lebih berat lagi tapi saya akan tetap berjuang membesarkan UGL agar menjadi perguruan tinggi yang terkenal dan unggul,”ucapnya.

Keyakinan Indra bukan omong kosong belaka. karena UGL sebelumnya sudah menjadi perguruan tinggi primadona dikalangan masyarakat Aceh Tenggara dan Kabupaten kota tetangga, seperti Tanah Karo, Gayo lues Singkil Subussalan Dairi dan lain sebagainya.

Hal ini, kata Indra Utama dapat dilihat dan dibuktikan oleh banyaknya alumnus mahasiswa jebolan UGK yang saat ini berkiprah di sejumlah lembaga pemerintahan maupun swasta di Aceh.

Sesuai perkembangan dan perjalanan waktu terjadi perkembangan dan pasang surut kampus ini, Indra Utama meminta dukungan semua pihak untuk memajukan dan meningkatkan mutu maupun kwalitas UGL agar kedepan lebih maju lagi.

Menurut Indra Utama salah satu faktor utama yang perlu mendapat peningkatan SDM kalangan civitas akademik secara nenyeluruh mulai dari rektor dekan dosen bahkan sampai ke tenaga pengamanan Satpam.

“Kalau dari sisi fasilitas kita sudah memadai seperti dengan adanya sejumlah sarana pendukung musholla sarana olah raga, kantin, parkir gedung rektorat . Termasuk yayasan yanga saat ini dipimpin Dr Buhari Pinim SpOG yang memiliki areal yang cukup luas.

Dengan adanya dukungan dari pemerintah Daerah saat ini, kata Indra Utama pihaknya sedang menggodok Qanun tentang Beasiswa melalui Dana APBdes. “Diharapkan adanya kerjasama dengan pemerintahan Kute untuk mendaftarkan Putra Putri Kute desanya di UGL minimal 2 orang sampai dengan 5 orang per kute dengan pola uang SPP di tanggung melalui dana Kute selama 8 semester,”tambahnya.

“Kita berharap melalui program ini sekaligus untuk dapat meningkatkan SDM masyarakat Kute. melalui dana Kute serta menarik minat dan mendorong minat mahasiswa untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi ini yang nota bene nya adalah milik masyarakat Aceh Tenggara.

Indara Utama menjelaskan, pada sisi lain kita sudah melakukan kerjasama dengan pihak Dinas Pendidikan melalui sekolah sekolah SLTA baik kejuruan khususnya yang ada di daerah Bumi Sepakat Segenep . Kerjasama ini bertujuan agar masyarakat du daerah dapat melanjutkan jenjang pendidikan tinggi di UGL melalui program yang saat ini sedang kita upanyakan mendapat program bidik misi untuk membantu mahasiswa dalam biaya pendidikan.

“Harapan kita kepada bapak bapak Anggota Dewan baik yang di DPRK Aceh Tenggara maupun DPRA Khususnya bagi Anggota Dewan dari Daerah Pemilihan 8 yaitu Aceh Tenggara dan Gayo Lues untuk dapat membantu mahasiswa UGL lewat program Beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu dan memiliki motipasi tinggi dengan (Pokir) Pokok pikiran Dewan,”imbuhnya.

Harapan yang sama, kata Indra Utama kepada BAITUL MAL Aceh Tenggara seperti sebelumnya meyalurkan bantuan program Beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu dalam bentuk pembayaran uang SPP.

“Yang penting kita berharap adanya dukungan dan partisipasi semua pihak baik dari rekan rekan media maupun LSM untuk sama sama berpartisipasi meningkatkan mutu dan kwalitas pendidikan di kampus UGL

Penulis : Masir

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *