PT. Timah Sediakan 1000 Dosis Vaksin Gotong Royong untuk Warga Belitung Timur

Daerah37 views

BELITUNG TIMUR, Guna mempercepat capaian vaksinasi di Kabupaten Belitung Timur, PT Timah menyiapkan 1000 dosis vaksin gotong untuk masyarakat di tiga (3) Kecamatan yakni Kecamatan Gantung, Manggar dan Damar yang akan dilaksanakan secara bertahap. 

Vaksinasi gotong royong merupakan upaya PT Timah untuk mendorong terbentuknya herd immunity (kekebalan komunitas) di saat pandemi Covid-19. 

Program vaksinasi gotong royong dari PT Timah, ini disambut antusias masyarakat. Kali ini vaksinasi dilaksanakan di Desa Gantung dengan menyasar 120 penerima vaksin, Jumat (12/11/2021). 

Salah satu warga penerima vaksin Syahriandi mengatakan, kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan PT Timah sangat membantu masyarakat, khususnya mereka yang belum pernah di vaksin. Apalagi jadwal pelaksanaan vaksin kadang tidak sesuai dengan aktivitas masyarakat. 

“Kami dan warga di sini sangat terbantu dengan adanya vaksinasi gotong royong dari PT. Timah, dan saya sendiri baru saja di vaksin karena biasanya hari gini sedang kerja, sehingga kalau mau mencari vaksin di kecamatan atau faskes lainnya agak susah untuk tinggalkan kerjaan,” katanya.

Syahriandi berharap, vaksinasi ini sebagai langkah memutus mata rantai Covid-19, sehingga aktivitas masyarakat kembali seperti semula.

Senada, Abun juga menyebutkan alasan pekerjaan menjadi sebab ia baru menerima vaksin kali ini, apalagi ketika waktu libur ditambah cuaca yang tidak mendukung.

” Saya berharap diperlancarlah kegiatan macam ini, sebab sangat membantu masyarakat,” sebutnya.

Sementara itu, Ramsani menilai vaksinasi yang dilaksanakan PT Timah cukup baik dari sisi pelayanan, karena tidak perlu terlalu lama antri, dan jaraknya juga tidak terlalu jauh dari pemukiman masyarakat. 

“Pelaksanaan vaksinasi kali ini dekat dengan masyarakat, jadi tidak tergantung waktu,” bebernya.

Sementara, Kepala Desa Gantung Kecamatan Gantung Arief Kusmaryadi mengatakan dari 3.383 jiwa sasaran vaksinasi, jumlah warga Desa Gantung yang sudah tervaksin sebanyak 1.996 jiwa, sedangkan yang belum tervaksin berjumlah 1.387 jiwa. 

” Prosentasenya di atas 50 persen  dan kamu akan terus lakukan upaya percepatan pencapaian hingga 100% hingga akhir tahun 2021,” kata Arief Kusmaryadi.

Menurut Arief, dengan adanya vaksinasi dari PT Timah Tbk dapat membantu pemerintah desa dalam meningkatkan capaian vaksinasi. Apalagi vaksinasi dilaksanakan dengan jemput bola hingga ke desa-desa. 

Lanjutnya, pemerintahan desa melalui program Desa Aman Covid-19 ini, terus berusaha membangkitkan kesadaran warga tentang pentingnya meningkatkan kekebalan tubuh dengan vaksin. 

Arief mengatakan, tidak hanya vaksinasi tapi PT  Timah  juga turut berperan dalam maengatasi pandemi melalui beberapa program yang dijalankan seperti pelayanan kesehatan gratis dengan Mobil Sehat. 

” Kami berharap PT Timah terus berbuat yang terbaik untuk masyarakat dengan bantuan dan kegiatan-kegitan sosial lainnya,” tandasnya. ( Niza karyadi) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *