by

Komjen Agus Andrianto Jabat Kabareskrim Polri


Teka-teka siapa yang akan menduduki jabatan Kabareskrim baru pengganti Jenderal Listyo Sigit (Kapolri-red) terjawab sudah. Dia adalah Komjen Agus Andrianto yang saat ini menjabat Kabarharkam Polri.
Penunjukan Komjen Agus Andrianto sebagai Kabareskrim baru berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/318/II/KEP./2021, Kamis (18/2/2021). Surat ini ditandatangani AS SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Dalam Telegram Kapolri,  Komjen Agus Andrianto diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabareskrim Polri. Komjen Agus sebelumnya menjabat Kabaharkam Polri. 
Sementara itu, posisi Kabaharkam Polri akan ditempati Komjen Arief Sulistyanto. Jabatan Komjen Arief sebelumnya yakni Kalemdiklat .

Jejak Rekam Komjen Agus
Komjen Agus Andrianto menjadi Kabareskrim baru. Agus lahir di Blora, Jawa Tengah, pada 16 Februari 1967. Dia merupakan lulusan Akpol 1989.

Setahun setelahnya, Agus digeser menjadi Kapolsek Parapat pada 1993. Dua tahun kemudian, Agus ditunjuk sebagai Kapolsek Percut Seituan.

Selama menjadi perwira menengah, Agus juga sempat menduduki sejumlah jabatan strategis. Pada 2007, Agus ditugaskan menjadi Kapolres Tangerang.

Saat menjabat Dirtipidum Bareksrim Polri, Agus menangani kasus penting dan menyita perhatian publik, yaitu penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Kasus itu kemudian selesai dilimpahkan ke pengadilan dan Ahok kini telah dijatuhi hukuman penjara.

Setahun kemudian, Agus dimutasi menjadi Wakapolda Sumut. Pada 2018, Agus dipromosikan menjadi Kapolda Sumut.

Setelah Kapolda Sumut, Agus lalu ditunjuk menjadi Kabaharkam Polri. Kini, Agus ditunjuk menjadi Kabareskrim menggantikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang kini jadi Kapolri.
Penulis : Waluyo

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *