Bazar HUT ke 76 PGRI dan HGN, SMA Negeri 1 Manggar Tampilkan Literasi Buku Kepsek dan Hasil Kerajinan Siswa

Daerah, Peristiwa15 views

BELITUNG TIMUR, Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh pada 25 November 2021 dirayakan serempak di seluruh penjuruh Tanah Air. Termasuk di Daerah Kabupaten Belitung Timur memperingati HGN berbarengan dengan HUT ke 76/PGRI dengan menggelar Bazar Enterpreneurship go to School 2021.

Acara dibuka oleh Bupati Belitung Timur Burhanuddin di halaman kantor camat Manggar, Jumat (26/11).

Bazar enterpreneurship merupakan salah satu kreativitas dan inovasi dari para guru yang tergabung di Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Belitung Timur yang berhasil menciptakan perubahan dengan memanfaatkan sumber-sumber kekayaan alam di daerah sebagai peluang untuk menghasilkan nilai tambah.

Triwarti salah satu guru di SMA Negeri 1 Manggar atau yang lebih akrab disapa TW mengungkapkan, tujuan utama dirinya mengikuti kegiatan ini adalah untuk berpartisipasi sekaligus memperkenalkan produk unggulan dari SMA Negeri 1 Manggar.

“Kehadiran kami pada HUT PGRI dan HGN ingin memperkenalkan produk unggulan dari SMA Negeri 1 Manggar berupa Literasi Buku yang merupakan karya dari Kepala Sekolah, Guru dan Siswa” ujar Triwarti.

Dalam kurun waktu satu tahun, SMA Negeri 1 Manggar, jelas Triwarti, telah produktif menghasilkan 27 buku, dan untuk proses pengerjaannya sendiri hanya memerlukan waktu kurang lebih 2 minggu.

“Disini kami tidak mewajibkan melainkan untuk memotivasi anak-anak yang punya hobi menulis supaya tersalurkan. Jadi ini merupakan keinginan dari murid-murid SMA Negeri 1 Manggar dan kita menyediakan wadah ekstra untuk mereka menulis,” tambah Triwarti.

Triwarti menerangkan, didalam menulis buku sendiri anak-anak tidak memerlukan waktu yang lama atau tidak sampai satu bulan tepatnya 2 minggu sudah selesai. “Yang butuh waktu lama itu adalah saat produksi karena pencetakan nya ada Jakarta,”jelasnya.

Selain itu, SMA Negeri 1 Manggar juga menampilkan beberapa hasil kerajinan dari prakarya hasil siswa berupa rajutan tas, hiasan tempat sendok, jamu dan lain sebagainya.

Kegiatan bazar enterpreneurship dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 26 – 27 November 2021.

“SMA, SMK dan SLB merupakan perwakilan dari provinsi dan beberapa stand lain adalah PC ranting atau perwakilan dari setiap kecamatan,”  tutup Triwarti. ( Niza karyadi) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *