Wagub Minta Pelajar Warisi Semangat Sumpah Pemuda

Daerah8 views

SAMARINDA – Wakil Gubernur Kalimantan Timur H. Hadi Mulyadi menghadiri sekaligus menutup Festival Pelajar Nusantara 2022 di Halaman Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Samarinda, Jumat 28 Oktober 2022.

Atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim dan masyarakat Benua Etam, Wagub menyampaikan apresiasi kepada jajaran RRI yang telah memberikan ruang kreatifitas bagi pelajar Kalimantan Timur.

“Saya ucapkan terima kasih kepada RRI Samarinda yang telah menggelar Festival Pelajar Nusantara sebagai ajang kreatif bagi generasi penerus bangsa,” ucap Wagub Hadi Mulyadi dihadapan ratusan pelajar Kota Samarinda dan Balikpapan.

Selain memberikan motivasi bagaimana para pelajar harus memiliki semangat bekerja keras, bekerja tulus ikhlas, membangun kerja sama serta mencintai pekerjaan termasuk tidak bosan belajar diiringi doa untuk meraih cita-cita masa depan dan kesuksesan kelak.

Orang nomor dua Benua Etam ini juga mengingatkan bagaimana pelajar wajib memiliki semangat persatuan dan kesatuan. “Bahkan kalian wajib memelihara dan menjaganya, agar negara ini tetap tegak dan berdaulat,” tegasnya, seraya mengingatkan kembali sejarah Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928 atau 94 tahun lalu.

Menurut mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini, semangat para pemuda dikala sebelum kemerdekaan yang tertuang dalam peristiwa Sumpah Pemuda telah mewujudkan kemerdekaan bangsa.

Padahal dimasa itu lanjutnya, tidak ada satu pun alat komunikasi secanggih dan semodern saat ini yang bisa mendukung perjuangan para pemuda waktu ini.

Tapi ungkapnya, semangat untuk bersatu dan berjuang bersama agar terlepas dari belenggu penjajahan pun mampu para pemuda lakukan.

“Sehingga menjadi Indonesia negara yang merdeka, berdaulat dan berdiri kokoh hingga saat ini,” tegas suami Hj Erni Makmur ini, seraya menceritakan bagaimana nasib negara-negara Eropa, India dan Uni Soviet terpecah belah setelah bersatu hanya dalam hitungan puluhan tahun.

“Tapi kita sejak 94 tahun Sumpah Pemuda dikrarkan dan selama 77 tahun sejak kemerdekaan kita rebut, alhamdulillah Indonesia tetap kokoh berkat semangat persatuan dan kesatuan,” sambungnya.

Kepala Stasiun RRI Samarinda Arlin Setyaningsih menyampaikan FPN LPP RRI di Samarinda merupakan bagian dari FSN se Indonesia yang dimulai sejak Ahad 23 Oktober 2022). “Hingga puncaknya hari ini, 28 Oktober 2022 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda,” ujar Arlin.

Ditambahkannya, FPN di LPP RRI Samarinda melibatkan pelajar dari SMA/SMK dan SMP dari Samarinda dan Balikpapan. “FPN merupakan event nasional yang serentak dilaksanakan bahkan melibatkan 1.200 pelajar SMA/SMK dan SMP dari Samarinda dan Balikpapan,” sebut Arlin.

Selain lomba Baca Berita, Paduan Suara, pidato bahasa Inggris, vlog reportase serta webinar dan parade. Juga disediakan 15 stan menjual produk UMKM serta stan pelajar SMA/SMK se Kota Samarinda.

“Festival ini bertujuan mendekatkan siaran kepada para pelajar, serta membuka kesempatan bagi mereka yang ingin belajar siaran di RRI Samarinda,” ungkapnya.(adm/diskominfokaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *