by

Sakaria “Pengrajin Miniatur Perahu Kater” Dapat Bantuan Alat Industri

BELITUNG TIMUR, Sakaria pengrajin miniatur Perahu Kater merasa terharu dan bahagia saat dirinyan mendapatkan bantuan etalase, mesin profil kayu  dan mesin Gerinda dari Pemerintah Kabupaten Belitung Timur melalui  Dewan Kerarajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Belitung Timur  (Beltim), Rabu (13/10).

Sakaria yang telah membuat miniatur perahu kater dari tahun 2002 ini mengaku baru kali ini mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah. Dia adalah satu-satunya pengrajin  miniatur perahu kater di Belitung Timur.

“Perahu kater cuma ada di Belitong dan Bawean, saya membuat  kerajinan  ciri khas Belitong, jadi kalau ada yang minat untuk oleh-oleh khas Belitong maka saya menyediakan,”ujarnya.

Sakaria pun sudah memasarkan produknya melalui media sosial facebook dengan username Sakaria L.

Menurut Sakaria,  dari banyaknya kerajinan khas Belitong yang terkenal seperti satam dan batik, Sakaria lebih memilih kerajinan miniatur Perahu Kater untuk dilestarikan.

“Saya ingin orang-orang di luar Belitong mengetahui ada kerajian perahu kater ini dan bisa menikmatinya, kalau untuk keuntungan tidak ada” ujar Sakaria yang sudah menjual produknya hingga ke mancanegara.

Dia mengatakan,  mematok harga dari Rp.100.0000 – hingga Rp.200.000 untuk miniatur perahu kater buatannya. Harga yang tak seberapa untuk pembuatan yang rumit dan membutuhkan waktu lama,  

“Dengan bantuan yang diberikan ini saya bisa menghasilkan kerajinan  jauh lebih cepat, bisa dibuat berbagai model,  jauh lebih cantik. Dengan etalese saya dapat memajang kater-kater ini di toko depan rumah,”tutur Sakaria. (Niza Karyadi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *