by

PT KGP Go Publik Jadi Perusahaan Modern dan Profesional

Berbagai persiapan menuju perusahaan go publik, kini sedang digencarkan oleh Reymal selaku owner PT Kerta Gaya Pusaka (KGP)
saat ini. Mulai dari persiapan teknis administratif hingga yang bersifat fundamental dan strategis, kini sudah ia rancang secara matang.

Sebagai adik kandung dari R.M. Harjono Martodirjo ( pendiri) perusahaan KGP bersama Bambang Soemantri ini, Reynal, pastinya ingin perusahaan makin berkembang dan makin tumbuh skala bisnisnya serta bisa dikelola menjadi perusahaan yang modern dan profesional.

Wajar bila Reynal ingin roda perusahaan yang kini dipimpinnya tetap maju dan berkembang menjadi perusahaan logistic nasional.

“Saya ingin PT KGP punya reputasi yang makin dikenal dan lebih gampang dalam mencari dana untuk pengembangan bisnis kedepannya. Untuk itu, sebagai pemilik perusahaan saya ingin PT KGP segera go public atau melakukan IPO (Initial Public Offering),” kata Reynal di kediamannya Sentul, Rabu (17/2/2021) malam.

Menurut dia, salah satu advantage (keuntungan) perusahaan yang sudah go public, mereka lebih mudah dalam mencari dana untuk pengembangan usaha karena mereka bisa menerbitkan berbagai instrumen untuk menarik dana publik.

Reynal menuturkan, ada sejumlah persiapan yang sedang dilakukan oleh PT KGP dalam menuju IPO. “Pertama, harus kompak dan sepakat dulu akan go public karena perusahaan yang sudah IPO punya sejumlah konsekuensi, perusahaan mesti dikelola lebih terbuka, tiap kuartal melaporkan kinerja keuangan, harus siap dengan naik-turunnya harga saham di bursa, taat sejumlah regulasi untuk perusahaan emiten, dan lainnya,”terangnya.

Termasuk kata Reynal, persiapan secara keorganisasian. Misalnya harus punya tim investor relation, corporate secretary, dan bagian legal yang selalu siap mengupdate kondisi perusahaan ke pemegang saham publik.

“Yang pasti saya lakukan lebih dulu adalah memperkuat internal organisasi di perusahaan sebelum go public. Memperkuat keuangan dan skala bisnis perusahaan agar lebih menarik bagi investor, itu yang utama,” pungkas Reynal yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Jurnalistik Indonesia atau JURI.

Sejarah Perusahaan
Bambang Soemantri dan R.M. Harjono Martodirdjo, adalah dua sosok penting yang mengilhami lahirnya PT KGP pada tahun 1969 sebagai perusahaan barang titipan, logistik, dokumen dan barang penting lainnya.

Tanggal 10 April 1972, bisa dikatakan menjadi tonggak sejarah berdirinya PT. Kerta Gaya Pusaka (KGP), yang beralamat di Jalan A.M. Sangaji 15 B, Jakarta Pusat, dengan Akta Notaris : Fransiscus Jacobus Mawati .

Diyakini dengan misi memberikan pelayanan prima, ditambah motto CARE (cepat, aman, ramah, ekonomis) untuk kepuasaan pelanggan, PT KGP semakin jaya sebagai perusahaan logistic terdepan di Indonesia.

Penulis : Waluyo

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *