by

PDIP Peduli, Bantu Warga Korban Pergeseran Tanah di Kabupaten Sukabumi

“Kebahagian ku bukan hanya ketika dekat dengan kekuasaan, tapi kebahagian kita adalah selalu menangis dan tertawa bersama rakyat, ” Ketua Umum DPP PDI Perjuangan  Hj. Megawati Soekanoputri.

PDI Perjuangan bergerak cepat membantu rakyat yang menjadi korban bencana pergeseran tanah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Dikomandoi oleh Ketua Bidang Penanggulangan Bencana (Baguna) DPP PDIP Dr. Ribka Ciptaning Prolehariyati,  Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono, ST serta Pengurus DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Sukabumi, termaauk Baguna dan Badan Pemberdayaan Ekonomi Kreatif yang dipimpin Indah Ambarsari, SE meninjau lokasi bencana pergeseran tanah di tiga lokasi yakni dusun Ciherang, desa Cijangkar dan desa Mekasari Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi pada 14 Februari 2021.

Sebagai bentuk pedulu, jajaran pengurus PDIP menggelar bhakti sosial dan pemberian sembako, air minum, minyak goreng dan lalin-lain kepada warga korban pergeseran tanah di Kabupaten Sukabumi. Bantuan diserahkan langsung oleh Ketua Baguna DPP PDIP Dr. Ribka CIptaning ke Plt BPBD Kabupaten Sukabumi Anita Suryani disaksikan seluruh anggota dan Muspida setempat.

Ribka Ciptaning mengatakan, bahwa kegiatan kemanusian Menuini diwajibkan partai sesuai instruksi dari Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekaenoputri. “Bagi PDIP sendiri sudah biasa melakukan kegiatan seperti ini, PDIP satu-satunya partai poltik yang memiliki Badan Penanggulangan Bencana atau Baguna,” kata Ciptaning dihadapan ratusan warga pengungsi pergeseran tanah di Kabupaten Sukabumj, 14 Februari 2021.

PDIP, lanjut anggota komisi VII DPR RI, selalu hadir ketika ada rakyat yang tertimpa musibah bencana alam. “Ibu Megawati selalu mengingatkan kepada kader partai bahwa kebahagian ku bukan hanya ketika dekat dengan kekuasaan tetapi kebahagian kita yaitu menangis dan tertawa bersama rakyat,”ucap Ciptaning.

Dan yang tak kalah penting, kata Ciptaning, Ibu Megawati berpesan kepada seluruh kader-kader partai selalu bersikap ikhlas membantu rakyat yang sedang tertimpa bencana, dan tidak boleh membeda-bedakan suku, ras dan agama, semua wajib kita bantu.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Jawa Barat Nono Surono, ST menambahkan peristiwa pergeseran tanah di sejumlah daerah khususnya di Kabupaten Sukabumi ini membuat dirinya prihatin. Karena itu, ia mendesak pihak-pihak terkait segera melakukan kajian secara  konperensip.

“Yang paling penting sekarang penetapan status bencana ini sebagai lokasi di Jawa Barat,” pungkas anggota komisi IV DPR RI yang salah satu mitra kerja adalah Kemeterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Sekedar informasi, fenomena tanah bergerak terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia selama Januari 2021. Bencana tanah bergerak itu pun diduga terjadi karena intensitas hujan yang tinggi, termasuk tanah yang labil. 

Catatan potret-indonesia.com berberapa mengalami pergerakan tanah yang menyebabkan kerusakan secara materi dan puluhan warga yang mengungsi. Selain di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, serta di Aceh yang menyebabkan ratusan warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Penulis : Waluyo

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *