MKMB Peduli, Bukti Paguyuban Masyarakat Bangka Tetap Eksis

Peristiwa189 views

JAKARTA- Musyawarah Kekeluargaan Masyarakat Bangka atau yang disngkat dengan MKMB merupakan paguyuban yang memiliki peran besar bagi kemajuan berbagai sektor pembangunan yang ada sekarang ini di “Negeri Serumun Sebalai” (red- julukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung).

Eksistensi dan kepedulian MKMB dalam mendukung program-program pemerintah daerah sudah tidak perlu diragukan lagi. Salah satu wujud kepedulian MKMB adalah menggelar acara dengan tema “Temu Kangen Para Mantan Pengurus MKMB – Jaya, Minggu, 2 Juli 2003 di kantor pusat Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Juanda, Jakarta Pusat.

Acara yang digagas oleh Scarpiandy,mantan Sekretaris Umum MKMB – Jaya ini meski terlihat sederhana tapi penuh dengan keakraban. Warga Bangka yang hadir pun tidak cuma dari Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang tapi tampak juga masyarakat dari daerah Bangka dan sekitarnya.

“Ajang silaturahmi dengan para mantan pengurus MKMB ini digelar sebagai bentuk kepedulian dan penghargaan kita kepada para pendiri dan mantan pengurus organisasi MKMB karena mereka punya jasa besar terhadap organisasi ini tetao eksis hingga kini. Terpenting untuk lebih mempererat lagi jalinan persaudaraan antar sesama warga Bangka terutama bagi masyarakat Bangka yang tinggal di tanah rantau,”kata Scarpiandy, yang kini menjabat selaku Ketua Bidang Hukum, Advokasi dan HAM HNSI.

Scarpiandy menambahkan, tujuan utama temu kangen ini adalah untuk silaturahmi kepada para mantan ketua dan pengurus MKMB, serta mengucap syukur kepada Allah SWT bahwa kita-kita yang hadir diacara ini masih diberikan kesehatan dan usia panjang. “Jadi ini bukan acara reunian tapi in acara sebagai ajang memperkokoh tali persaudaraan khususnya antar sesama warga Bangka di perantauan,”tegasnya.

MKMB, sebagai Paguyuban harus punya visi-misi yang jelas, ketua, sekretaris dan para pengurus MKMB pun harus mampu buat terobosan -terobosan baru demi lancarnya mesin organisasi.
“Sejak era kepemimpinan (almarhum) Azhar Romli, ketua MKMB ada kegiatan-kegiatan yang awalnya dirancang dengan baik tapi tidak berjalan karena MKMB tidak dapat berjalan karena terkendala dengan kesibukan,terangnya.

“Beda dulu dengan sekarang. Kalo sekarang lewat medsos saja semua acara kegiatan cepat sekali beredar hingga ke manca negara. Jadi jangan ada persepsi MKMB tidak jalan, MKMB tetap eksis hingga sekaran ini,”tegas Scarpiandy.

Ia berharap, MKMB kebih maju dan sukses dibawah kepengurusan baru yang belum lama ini diberi mandat oleh seluruh masyarakat Bangka. “Kami percaya para pengurus baru MKMB punya daya juang tinggi, inovatif dan kreatif sehingga mampu membawa MKMB lebih bergema dan maju lagi kedepannya’”pungkas Scarpiandy. (Tonny B)