Libur Tahun Baru, Kampong Reklamasi Selinsing PT Timah Tbk Tambah Wahana Bermain

Daerah35 views

BELITUNG TIMUR – Moment liburan tahun baru biasanya banyak yang berekreasi bersama keluarga. Nah, bagi yang bingung mau berekreasi kemana, Kampong Reklamasi Selinsing PT Timah Tbk bisa jadi pilihan. 

Kampong Reklamasi Selinsing PT Timah Tbk semakin ciamik, kawasan wisata di lahan bekas tambang ini terus berkembang. 

Untuk memanjakan wisatawan, berbagai fasilitas disiapkan. Salah satu fasilitas baru yakni permainan anak dan tower pemantau.

Sebelumnya, mereka telah menambah fasilitas Floating cafe atau cafe terapung di area kawasan wisata itu.

Wahana permainan anak yang berada di dekat gazebo,  sehingga dipastikan menjadi pilihan area bermain pengunjung terutama anak-anak.

Selain, wahana anak, juga sedang dibangun tower pemantau, guna mendukung pengamanan di area tersebut.

Ketua BUMDes Mitra Jaya Selinsing, Diki Afriansyah, mengatakan, wahana permainan anak dan tower pemantau itu telah mereka bangun bulan Desember dan untuk permainan anak sudah selesai sedangkan tower pemantau sedang dalam tahap pengerjaan.

“Untuk penambahan sarana yaitu pertama permainan anak ,sudah ada sajak tanggal 19 Desember 2022 dan untuk tower pantau sudah di bangun sejak pertengahan bulan Desember 2022,” kata Diki Afriansyah.

Menurut Diki, penambahan wahana permainan anak itu, tentunya bisa dimanfaatkan pengunjung ketika liburan tahun baru nanti.

Tentunya, tujuan adanya penambahan sarana yaitu untuk penambahan daya tarik pengunjung ke Kampong Reklamasi.

“Ini bisa dimanfaatkan pas momen untuk wisatawan datang ketika liburan sekolah dan juga natal dan Tahun baru 2023,” terangnya.

Oleh karena itu, dengan adanya penambahan fasilitas serta sarana dan prasarana itu bisa menjadi daya tarik wisatawan serta bisa menambah pemberdayaan masyarakat sekitar dalam kegiatan pengelolaannya.

“Di samping itu juga bisa menambah pendapatan dan pemasukan BUMDes juga pendapatan asli Desa melalui kegiatan yang dilakukan BUMDes dalam pengelolaan di kampong reklamasi tersebut,” tandasnya.

Salah satu wisatawan asal Tanjungpandan, Tri Yuliani mengapresiasi pengelolaan Kampong Reklamasi Selinsing PT Timah Tbk itu yang sebelumnya lahan bekas tambang menjadi lokasi wisata yang aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Selain itu, fasilitas yang tersedia juga sudah cukup lengkap, guna menunjang pengunjung untuk bermain ataupun bersantai serta nongkrong sambil makan.

“Cukup bagus, ini jadi wadah baru untuk masyarakat berwisata ke sini dan fasilitaspun juga sudah lengkap,” katanya.

Ia juga menyarankan, agar beberapa titik dihias dengan tanaman bunga, sehingga menambah cantik sudut-sudut area lokasi wisata itu.

“Kalau untuk fasilitas sudah sangat cukup, ada gazebo, Musala dan area bermain anak dan lain-lainnya,” tandasnya.*(Nizakaryadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *