Kontribusi Nyata PT. Timah di Bangka Belitung Melalui Dunia Pendidikan

BUMN, Daerah28 views

PANGKALPINANG, Kontribusi nyata PT. Timah Tbk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung salah satu diwujudkan dalam bidang pembangunan dunia pendidikan.

Sebagai perusahaan yang memilik misi meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), PT Timah telah menghibahkan asetnya untuk mendukung sarana pendidikan bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Komitmen itu dibuktikan sejak tahun 1991-1995, PT. Timah sudah melepaskan dan menyerahkan seluruh aset berupa tanah dan gedung untuk digunakan sebagai sarana pendidikan mulai dari tingkat sekolah taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) hingga SLTA ke Pemerintah Daerah yang tersebar di wilayah operasional perusahaan. Padahal, sebelumnya sekolah-sekolah tersebut dikelola oleh PT. Timah.

PT. Timah melalui Yayasan Polman Timah Indonesia, PT. Timah dengan asistensi dari Politeknik Manufaktur Bandung membentuk Politeknik Manufaktur Timah atau yang dikenal dengan Polman Timah.

Kerja bareng berikutnya, pada tahun 2006 Polman Timah mengandeng Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Bangka (STIPER) dan Sekolah Tinggi Pahlawan 12 (STTP12) melebur diri menjadi Universitas Bangka Belitung berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan No.52/D/O/2006.

Berkunjung ke Asrama Kelas Bea Siswa Pemali, Kabupaten Bangka Tengah

PT Timah juga menyerahkan aset  UBB termasuk Polman Timah kepada Pemerintah Pusat dalam rangka proses status penegerian (PTN) UBB di Maret 2009. Tidak hanya itu, dalam prosesnya perusahaan juga membangun infrastruktur untuk mendukung kelancaran belajar mengajar di Universitas Bangka Belitung. 

PT Timah juga menginisiasi membuka program kelas unggulan yang menjadi bagian dari SMAN 1 Pemali di Kabupaten Bangka. Dimana program ini memberikan kesempatan belajar gratis bagi siswa yang kurang beruntung secara ekonomi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA. Kelas unggulan telah menghasilkan 20 angkatan dengan total penerima beasiswa lebih dari 900 siswa. (yo/kar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *