by

“JURI” Rumah Besar Wartawan Indonesia

Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 di Jakarta, 9 Februari kemarin menjadi salah satu pemantik lahirnya JURI (Organisasi Jurnalistik Indonesia) sebagai wadah organisasi wartawan di seluruh Tanah Air.
Dimotori oleh H. Lukman Hakim bersama kolega yang terdiri dari lintas generasi menggelar rapat membahas Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADART) organisasi jelang deklarasi JURI pada 18 Maret 2021 di Jakarta.

Rapat dipimpin H. Hasan Basri, SH selaku Sekjen JURI didampingi oleh wakil sekjen dan ketua bidang organisasi. Sejatinya rapat hari ini, Rabu, 10 Februari 2021 dipimpin oleh Ketua Umum JURI Suherman,  karena beliau berhalangan hadir maka ditunjuklah Sekjen JURI bertindak selaku pimpinan rapat.


Keputusan rapat menyapakati “JURI” (Jurnalistik Indonesia) adalah nama organisasi yang siap tampil mewarnai khasanah organisasi pers di Indonesia.


“JURI lahir sebagai organisasi pers independen dengan memiliki legalitas sah, yakni Akta Notaris, NPWP dan Ijin Domisili,” kata Lukman Hakim di kantor redaksi Jakarta Media, Jakata Pusat, 10 Februari 2021.

Ia berharap, dengan hadirnya JURI sebagai organisasi bisa menjadi rumah besar para wartawan di seluruh Indonesia. “Saya optimistis JURI kedepan bisa jadi organisasi wartawan yang solid karena dipimpin oleh orang-orang yang memiliki keahlian dan kaya pengalaman.


Pernyataan Lukman Hakim diamini oleh Hasan Basri. Pria yang berprifesi sebagai pengacara ini mengatakan sebagai organisasi “JURI”  harus solid, dengan kerjasama yang baik agar bisa terciptanya lingkungan organisasi yang sehat dan satu tujuan.


“Untuk menjalankan roda organisasi ini agar  bisa mencapai tujuan yang sama yaitu membangun negara tercinta Indonesia ini maka kita harus menyatukan pemikiran kita,” ucap Hasan Basri.

Rapat pembahasasan tentang ADART dan Peraturan Organisasi ini dihadiri oleh para anggota DPP JURI. Banyaknya pemikiran yang disampaikan para anggota DPP JURI membuat perumusan yang akan diputuskan agak sedikit memakan waktu.


Setelah bermusyawarah para anggota Jurnalistik Indonesia sepakat dengan keputusan yang sudah dirembuki bersama dan menghasilkan beberapa poin. Antara lain, ADART dan Peraturan Organisasi akan disampaikan dalam Deklarasi Jurnalistik Indonesia (JURI), Rabu 18 Maret 2021 mendatang.
Penulis ; Max P.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *