Berwisata ke Pulau Belitung, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh di Rumah BUMN Tanjungpandan
*Pasarkan Ratusan Produk UMKM 

Daerah10 views

BELITUNG — Pulau Belitung terkenal dengan pesona keindahan alamnya, memiliki pantai dengan ciri khas batu-batu yang besar, pasir putih dan juga lautnya yang indah. Tak heran Belitung menjadi salah satu destinasi wisata yang kian digandrungi wisatawan domestik maupun manca negara.

Menggeliatnya pariwisata di Belitung juga memberikan semangat baru bagi pelaku UMKM di Pulau Belitung. Beragam makanan khas Negeri Laskar Pelangi ini diolah para UMKM untuk menjadi santapan kuliner para wisatawan.

Tak hanya kuliner, berbagai produk khas Belitung  seperti batik, kerajinan, souvenir dan lainnya juga terus dikembangkan untuk menjadi oleh-oleh ketika datang ke Negeri Laskar Pelangi tersebut. 

Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Belitung tentunya tak melewatkan untuk mencari oleh-oleh ataupun mencicipi berbagai kuliner dan mengoleksi cendramata dari Pulau Belitung.

Bagi wisatawan yang ingin berbelanja berbagai produk UMKM dengan nyaman dan lengkap, Rumah BUMN di Tanjung Pandan bisa menjadi pilihan anda. Rumah BUMN terletak pada sebelah Masjid Al Ihram tak jauh dari pintu masuk objek wisata pantai Tanjung Pendam dan di depan rumah Tuan Kuase yang berada di Jalan Kemuning, Kelurahan Parit, Kecamatan  Tanjungpandan, Kabupaten Belitung ini menyajikan berbagai produk UMKM seperti kuliner, batik, kerajinan dan berbagai produk lainnya.
Puluhan UMKM ikut memasarkan produknya di Rumah BUMN. Para pelaku UMKM yang memasarkan produk ini merupakan mitra binaan para BUMN yang ada di Belitung. 

Adapun mitra binaan yang memasarkan produknya di Pulau Belitung yakni Batik Simpur, Batik Sepiak, Minyak Serai, Sambelingkung, oleh-oleh Durio, Purun Eco Straw, Allisa Souvenir, Batik Hadinoto, kerajinan anyaman lais dan beragam produk UMKM lainnya. 

Rumah BUMN merupakan upaya para perusahaan BUMN yang ada di Pulau Belitung seperti PT Timah Tbk, Bank BRI, Angkasa Pura, Pos Indonesia, PLN dan PT. Telkom Indonesia untuk memudahkan UMKM dalam memasarkan produk mereka.

Ratusan lebih produk UMKM dipasarkan di Rumah BUMN Tanjungpandan ini, seperti eco straw, kerajinan boneka, aksesoris dari kerajinan lais seperti tas, dompet, gantungan kunci, boneka bujang dayang, tote bag, tenun daun simpor dan beragam aksesoris lainnya. 

Sedangkan untuk kuliner, di Rumah BUMN menyediakan berbagai produks khas seperti  kerupuk ketumbar, keripik kerang, pilus keju rumput laut, kerupuk ikan mentah, keripik ebi dan berbagai kuliner lainnya. 

Salah satu mitra Binaan PT Timah Tbk yang ikut memasarkan produknya di Rumah BUMN yakni Bella Kartika Aprilia, wanita yang memiliki brand Batik Sepiak ini menceritakan dengan adanya Rumah BUMN ini menjadi pasar baru bagi mereka untuk memasarkan produknya. 

Lokasi Rumah BUMN yang terletak di Pusat Kota Tanjungpandan, Belitung ini memudahkan wisatawan lebih dekat untuk mencari oleh-oleh maupun cindramata khas Pulau Belitung. 

“Rumah BUMN ini lokasinya strategis, tempatnya kekinian dan nyaman untuk belanja. Sehingga ini memudahkan wisatawan yang ingin datang tidak perlu jauh-jauh. Produknya banyak mulai dari kuliner, souvenir dan kerajinan,” katanya. 

Bella memasarkan beberapa produknya di Rumah BUMN seperti kain batik, syal, baju dan lainnya. 

“Kita punya market baru dengan memasarkan produk di Rumah BUMN, ketika ini Rumah BUMN kemungkinan tamu-tamu BUMN akan dibawa ke sini, BUMN juga punya jejaring sehingga bisa mempromosikan produk UMKM. Makanya kita tertarik untuk memasarkan produk karena ada market share baru selain wisatawan,” sebutnya. 

Ia berharap, kedepannya Rumah BUMN ini akan semakin ramai digandrungi wisatawan maupun para tamu-tamu BUMN, sehingga bisa berdampak pada penjualan produk UMKM di Rumah BUMN.(*/ Nizakaryadi )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *