by

Tri Yuniarto Perwira Generasi Baru TNI, Lulusan Terbaik AKMIL 1989, Akademik Terbaik Lemhanas dan Peraih Adhi Makayasa


Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto adalah sosok yang paling disorot akhir akhir ini. Lulusan terbaik Akmil 1989, dan penerima Adhi Makayasa ini diprediksi karir militernya makin bertambah cemerlang. Tri Yuniarto dianggap figur yang sangat pas untuk menjabat Pangdam Jaya  mendatang.


Untuk diketahui,  Tri Yuniarto dilantik sebagai Pangdivif 2 Kostrad pada awal Januari 2019 hingga sekarang. Kans jenderal bintang tiga mendapat promosi jabatan baru di tubuh TNI sangat besar.

Mayjen Tri Yuniarto bersama Rymuzar Ryacudu Menteri Pertahanan saat itu


Perjalanan karier militer Tri Yuniarto sudah menonjol sejak masih di Taruna. Tri Yuniarto dikenal  sosok yang cerdas oleh rekan-rekan seangkatannya. Pria kelahiran Bondowoso, 15 Juni 1968 ini juga berpengalaman dalam bidang infanteri khususnya (Kopassus), Tri Yuniarto adalah lulusan Seskoad Dikreg XL tahun 2002 dan ia juga sudah menempuh pendidikan Sesko TNI Dikreg XL pada tahun 2013. Puncaknya, pada tahun 2016 Tri Yuniarto dinobatkan sebagai Akademik Terbaik PPRA LV Lemhannas RI.


Perjalanan karier Tri Yuniarto sedikit berbeda. Dari segi baret, Tri bisa disebut “separuh-separuh”: separuh baret merah, separuh baret hijau. Saat keluar dari Kopassus, Tri seolah telah bermetamorfosis sebagai baret hijau (Kostrad) sepenuhnya, mengingat kariernya sangat terang di Kostrad. Hal itu dimulai ketika satuan yang dipimpinnya, yakni Yonif 323/Buaya Putih Kostrad (Ciamis), ditunjuk oleh KSAD (saat itu) Jenderal Ryamizard  sebagai pilot project pembentukan satuan raider.

Kaya PengalamanTri Yuniarto mempunyai banyak pengalaman penugasan operasi di Aceh dan Timor-Timur. Jenjang karier perwira yang lama di kesatuan Kopassus ini sebagai Danden 433 Grup 4 Kopassus, Wadanyonif Linud 305/Tengkorak Kostrad, Danyonif 323/Raider Kostrad, Dandenwalpri Grup A Paspampres, Kasbrigif 1 PIK/Jaya Sakti, Danbrigif 13/Galuh Kostrad, Koorspri Kasad, Aster Kasdam II/Swj dan Danrem 172/PWY Kodam XVII/Cen sekaligus menjabat sebagai Dankolakops Pamtas dan Pamrahwan Korem 172/PWY.


Hanya Tuhan yang tahu. Tuhan punya skenario sendiri untuk Tri Yuniarto. Bila Tuhan sudah berkehendak Tri Yuniarto menjadi salah satu petinggi di lingkungan TNI maka jadilah dia. Amien ya rabbal .
Penulis : Waluyo

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *