PT Timah Tbk Dukung Pemkab Beltim Jadikan Bendungan Pice Sebagai Warisan Budaya

BELITUNG TIMUR. PT Timah Tbk bersama Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab)/Belitung Timur melaksaksanan kegiatan menanam pohon di kawasan Bendungn Pice, Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Kamis( 23/12/2021).

Tanam pohon bersama ini dalam rangka upaya revitalisasi di lahan bekas tambang timah. 

Turut hadir di acara tersebut diantaranya Bupati Beltim Khairil Anwar,  Camat Yusmawandi,  Danramil Gantung,  GM. PT. Timah Robertus Bambang Susilo,  Kepala Unit Sigit Prabowo,  CV. Selby Slumar (mitra),  Camat Yusmawandi, Kades Selinsing, Kades Lenggang dan tokoh masyarakat setempat. 

Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar saat dikonfirmasi di lapangan mengatakan, penanaman kali ini dilaksanakan di lahan bekas galian timah karena sebelumnya tempat ini pernah dilanda banjir Rob, beberapa tahun lalu dan kini sudah diperbaiki oleh PT Timah melalui penanaman berbagai jenis pohon.

“Kami berharap kali ini PT Timah melakukan penanaman jenis pohon buah-buahan asli Belitong, termasuk menjadikan kawasan ini sebagai tempat ramah lingkungan, ramah bergaul serta ramah segala hal, ” kata Khairil

Pemkab Beltim, lanjut Khairil akan terus dukung program rivitalisasi di kawasan IUP PT Timah. “Apa yang telah disampaikan oleh GM PT Timah, kami akan dorong sepenuhnya baik untuk tingkat kecamatan maupun desa-desa lain untuk direvitalisasi, “sebutnya.

Sementara GM. PT. Timah  Robertus Bambang Susilo didampingi Ka Unit Sigit Prabowo mengatakan, kita hadir bersama hari ini di Bendungan Pice wilayah IUP PT Timah untuk saling bersilahturahmi sekaligus melakukan pendekatan dengan warga sekitar terkena dampak tambang ilegal yang tidak terkendali. ” Kita ketahui bersama bahwa Bendungan Pice adalah heritage atau warisan budaya yang sangat penting untuk diingat oleh generasi muda, karena itu kita wajib menjaga dan melestarikan kawasan tersebut,”imbuhnya.
 
Beberapa tahun lalu, kata Robertus marak tambang timah ilegal di daerah ini hingga mengakibatkan banjir. “Untuk itu dengan adanya kerjasama yang sudah terjalin baik dengan Pemkab Beltim dan masyarakat PT Timah akan menata ulang kawasan bekas tambang dengan tujuan untuk  meningkatkan ekonomi rakyat,”ucapnya.

Robertus menambahkan, PT Timah ingin mengembalikan kawasan ini hijau kembali, salah satunya dengan melakukan penanaman pohon sebagai bentuk eksistensi perusahaan dalam mendukung program penghijauan dan lingkungan dari pemerintah.

“Kami konsisten mendukung upaya Pemkab Belitung menjadikan Bendungan Pice sebagai destinasi wisata,” tegasnya.

Terkait masalah reklamasi,  PT Timah berkomitmen untuk melakukan reklamasi pada pasca tambang,  kegiatan tersebut juga dipantau oleh kementerian terkait dan di laporkan. “Kami bukan hanya menanam tapi juga merawat, karena ada jaminan reklamasi,” jelas Robertus.

Ia mengatakan, kehadiran PT Timah di Kabupaten Belitung Timur untuk memperhatikan dan tetap menjaga kearifan lokal. “Menambang itu pasti membuka lahan, karena itu semaksimal mungkin lahan harus dikembalikan agar dapat dimanfaatkan sebagai pendukung objek wisata seperti di kawasan Bendungan Pice ini, ” pungkas Robertus.

Penulis : Niza Karyadi