Program Mobil Sehat PT Timah Tbk Berdampak Positif, Kadinkes Belitung Timur Harap Terus Berlanjut 

Daerah8 views

BELITUNG TIMUR — Program Mobil Sehat PT Timah Tbk di Pulau Belitung memberikan pelayanan bagi hampir 1000 masyarakat di Pulau Belitung pada tahun 2022. 

Pelayanan kesehatan gratis yang dilaksanakan di dalam mobil ini merupakan upaya PT Timah Tbk untuk mendekatkan layanan kesehatan bagi masyarakat. 

Keberadaan Mobil Sehat milik Anggota Holding Pertambangan Indonesia MIND ID ini turut diapresiasi Kepala Dinas Kesehatan Belitung Timur, Muhamad Yulhaidir. 

Yulhaidir mengatakan, layanan kesehatan itu membantu masyarakat di Belitung Timur untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. 

“Tanggapan saya dengan adanya mobil sehat memberikan dampak positif langsung kepada masyarakat terkait kemudahan dalam pelayanan masyarakat terutama didaerah yang agak jauh dari faskes pelayanan dasar,” kata Muhamad Yulhaidir.

Menurutnya, layanan mobil sehat itu sangat membantu sekali khususnya para lansia karena pelayanan dilakukan langsung di desa-desa, sehingga bisa mendekatkan pelayanan kesehatan. 

“Perlu adanya jadwal yang lebih intens dan rutin di daerah yang diberikan pelayanan. Agenda perlu ditambahkan lagi,” jelasnya.

Ia memaparkan, saat ini penyakit yang banyak dialami masyarakat di Belitung Timur  yakni hipertensi dan kategori hipokolestero. Penyakit yang secara umum memang berpengaruh pada faktor umur dan pola hidup masyarakat. 

Oleh karena itu penyakit tersebut terkait erat dengan pola hidup bersih dan sehat melalui gerakan Masyarakat hidup sehat.  

“Diharapkan untuk kesehatan di awal lebih menekankan pada penanganan preventif dan promotif hidup sehat,” pintanya.

Ia berharap, Mobil Sehat kedepannya bisa datang rutin ke daerah yang sudah didatangi sehingga bisa ikut membantu memantau kualitas kesehatan masyarakat. 

“Mudah-mudahan program ini terus berjalan menjadi program penunjang yang berdampingan dengan dinas kesehatan untuk melakukan penguatan pelayanan,” terangnya.

Tak lupa ia juga memberikan masukan dan saran agar kedepan mobil sehat ini dapat berintegrasi dengan program skrining anak sekolah (pelayanan sehat dilingkungan sekolah) bersama puskesmas dan PT Timah Tbk dan sekolah serta dinas terkait dalam memberikan pelayanan. 

“Suksesnya program mobil sehat ini yang terpenting ada keinginan masyarakat juga untuk memulai memeriksakan kesehatan sedini mungkin agar upaya hidup sehat dan berkualitas jauh lebih baik,” tandasnya.*
( Niza Karyadi )