Kementerian PUPR Gelar Sosialisasi Penyediaan Air Baku Genangan Pice Belitung Timur

Daerah29 views

“Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) sangat penting seiring meningkatnya kebutuhan air oleh masyarakat”.

BELITUNG TIMUR, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung menggelar pertemuan dan sosialisasi ke warga desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur sehubungan dengan penyediaan air baku di Bendung Pice Besar di daerah tersebut.

Sosialisasi ini bertujuan agar warga memahami manfaat Bendung Pice sebagai sumber air irigasi di Daerah Irigasi (DI) Selingsing, air baku PDAM Cabang Gantung yang berpotensi sebagai destinasi wisata baru di Pulau Belutung.

Pertemuan yang digelar di kantor Kades Selinsing dihadiri perwakilan Bappeda Beltim,  perwakilan Dinas PUPR, Derektur PDAM Beltim, tokoh masyarakat setempat, Kades Selinsing, Kades Gantung, Kades Lalang,  SNVT PJPA diwakili,  PPK  Air dan Air Baku,  dan tim direksi pekerjaan.

Konsultan Perencana PT. Tribuana Rekayasa Setiarso Gunawan, mengatakan telah ada rencana kontrak antara PT. TRS dengan pihak Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung (BWSBB), dan kami akan ditunjuk sebagai perusahaan penyediaan air baku genangan Pice Gantung hingga Manggar,” jelas Setiarso usai pertemuan kepada potret-indonesia.com, Senin (5/11/2021).

Dijelaskannya, bahwa kebutuhan air dalam 100 liter per detik, berikut dilakukan perencanaan untuk pipa dan tranmisi sepanjang 17 kilometer yaitu dimulai dari intek Gantung sampai dengan Kecamatan Manggar di Bukit Samak Desa Lalang sekitar 17,700 milimeter. Sedangkan diameter pipa yang dipakai berukuran 400- 335 mm dengan melalui jalur dipinggir jalan provinsi, sementara perencanaan di Bukit Samak Manggar.

Ditanya soal pekerjaan Balai Wilayah Sungai Babel, dan kapan akan dilakukan lelang bidang kontruksi, menurut dia akan dijadwalkan pada tahun 2023 mendatang. “Soal lahan yang akan dibangun sebagian besar lokasinya ditepi jalan dan milik Bina Marga.

“Untuk reservoir di Bukit Selumar  itu lahan memang milik desa, sementra untuk reservoir di Bukit Samak itu  lahan milik PDAM, “pungkas Setiarso

Sementara Pejabat Pembuat Komitmen(PPK) Perencanaan dan Program Direktorat Jenderal SDA Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung (BWSBB), Muh. Setiadi Akbar mengatakan, hari ini kita lakukan Survei Investigasi Desain (SID) Penyediaan Air Baku di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, melalui pertemuan konsultasi dengan masyarakat tentang rencana penyedian air baku intek dari Bendung Pice untuk kita salurkan ke setiap rumah warga Gantung dan Manggar.

“Intek kita ambil dari Bendung Pice,  dengan cara dipompa, selanjutnya di alirkan ke reservoir Bukit Selumar,   desa Selinsing Gantung, lalu dari situ dialirkan ke reservoir Bukit Samak, desa Lalang  Manggar,” terang Setiadi Akbar . ( Niza Karyadi ) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *