Kantor Unit Produksi Belitung PT Timah Tbk di Desa Lenggang Diresmikan 

Daerah53 views

BELITUNG TIMUR — Direktur Utama PT Timah Tbk Achamd Ardianto meresmikan kantor baru PT Timah Tbk Unit Produksi Belitung di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Rabu (18/1/2022). 

Peresmian kantor ini turut dihadiri jajaran Direksi dan Komisaris PT Timah Tbk, Asisten 1 Setda Pemerintah Kabupaten Belitung Timur Sayono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Belitung Timur Novis Ezwar, Perwakilan Dandim, Perwakilan Lanud H.AS Hanandjoedin, Danpos AL Manggar, Perwakilan Polres Beltim, Perwakilan Kajari Beltim dan tokoh masyarakat Gantung.

Kantor Unit Produksi Belitung yang baru sebelumnya merupakan kantor Wilasi Belitung Timur yang kemudian direnovasi, sehingga dimanfaatkan sebagai kantor Unit Produksi Belitung. 

Kepindahan kantor baru ini sebagai upaya untuk mempermudah koordinasi, sinergisitas, dan kolaborasi dalam menjalankan aktivitas bisnis perusahaan. Selain itu, perusahaan juga mengoptimalkan aset perusahaan yang ada di Belitung Timur. 

“PT Timah Tbk sebagai anggota Holding Industri Pertambangan Indonesia MIND punya mandat dari Pemerintah untuk  Explore Natural Resources for Civilization, Prosperity, and Brighter Future. Mandat ini punya makna bahwa kami harus terlibat dalam membangun peradaban masyarakat untuk mencapai kesejahteraan,” kata Achmad Ardianto.

“Hari ini kita meresmikan kantor baru Unit Produksi Belitung ke Belitung Timur agar lebih dekat dengan IUP Perusahaan, sehingga sinergi dan kolaborasi diharapkan lebih mudah terbangun.  Sesuai dengan mandat MIND ID kehadiran kami semoga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, pemerintah dan stakeholder,” ucap Dirut.

Dengan kepindahan kantor Unit Produksi Belitung ke Desa Lenggang juga diharapkan dapat memberikan multiplier effect bagi ekonomi masyarakat dan membangun hubungan yang lebih harmonis dengan masyarakat. 

Menurutnya, PT Timah Tbk adalah bagian dari masyarakat termasuk masyarakat Belitung Timur. Ia berharap, nantinya perusahaan dapat tumbuh dengan harmonis bersama masyarakat. 

“Dengan adanya aktivitas perkantoran di sini diharapkan juga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar, sinergitas dan kolaborasi lebih dapat terbangun. Karyawan timah juga bagian dari masyarakat Belitung Timur yang juga memiliki responsibility terhadap daerah ini,” ucapnya.

Ia menyebutkan, PT Timah Tbk berkomitmen untuk mendukung Kabupaten Belitung Timur bersama Pemerintah, masyarakat dan stakeholder. Untuk itu, Achmad Ardianto berharap PT Timah Tbk dapat didukung dalam menjalankan tugasnya. 

“Kami hadir di sini mewakili pemerintah dan masyarakat umum dalam hal ini pemegang saham. Menginginkan yang terbaik bagi kita semua, hasil optimal yang bisa memberikan kebaikan tidak hanya kepada perusahaan tapi pemerintah dan masyarakat. Ini perlu didukung semua pihak agar tugas mengelola sumber daya alam ini bisa memberikan manfaat,” katanya. 

Sementara itu, Asisten 1 Setda Beltim Sayono mengatakan, pindahnya kantor ke Beltim itu untuk mendekatkan komunikasi, maka mereka mengapresiasi PT Timah Tbk melakukan hal itu.

Sebab, saat ini produksi penambangan rata-rata berada di Belitung Timur, kepindahan kantor ini akan memudahkan komunikasi serta koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur.

“Kita harus support ini. Kedepan akan banyak yang bisa kita lakukan dan kita sama-sama lakukan terbaik untuk kesejahteraan masyarakat Beltim,” katanya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur juga sedang memikirkan ekonomi masyarakat pasca timah dengan memperkuat UMKM dan sektor ekonomi lainnya, meskipun saat ini timah masih ada. 

Kedepan, Ia berharap banyak program yang akan disinergikan oleh Pemkab Beltim, sehingga PT Timah Tbk akan selalu hadir di hati masyarakat ketika pasca timah nanti.

Sementara itu, tokoh masyarakat Erwin mengatakan, pindahnya kantor PT Timah Tbk ke Beltim merupakan langkah yang baik, sebab itu sarana penyambung silahturahmi dengan masyarakat Beltim dan wilayah produksi.

“Kami sangat menyambut baik dan harapan kami PT Timah Tbk terus memberikan kontribusi untuk masyarakat di Beltim dan Kecamatan Gantung,” tandasnya.

Dalam acara itu juga, PT Timah Tbk menyerahkan bantuan mobil ambulance untuk Lazismu Beltim.( Nizakaryadi )