Kadis PUPR  Beltim, Berharap Juara III Malah Dapat Juara I

Daerah21 views

Belitung Timur,  Terkait dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Belitung Timur mendapatkan Juara I Tingkat Nasional dalam Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah Bidang Kebinamargaan Kategori Pemerintah Kabupaten tahun 2022 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Beltim Idwan Fikri mengatakan tak pernah menargetkan memperoleh juara I, malah berharap hanya memperoleh peringkat III. Hal ini lantaran hadiah juara III dinilai jauh lebih kelihatan, yakni hibah dua unit alat berat dari Kementerian PUPR.“

Memang kalau nilainya lebih besar Juara I, cuman kan kalau dapat alat berat lebih keliatan barangnya, terus dapat kita sewakan untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita,” ungkap Idwan.

Diakui Idwan, penilaian untuk Kabupaten Beltim sangat besar lantaran regulasi, dedikasi dan inovasi layanan yang dilaksanakan Dinas PUPR Kabupaten Beltim. Tiga hal inilah yang membuat Kabupaten Beltim menjadi Juara I.

“Pertama dari regulasi, untuk setiap pembangunan jalan kita selalu ada Surat Keputusan dan berdasarkan Forum Lalu Lintas. Di mana bukan hanya dari survey saja namun juga hasil dari kolaborasi dengan OPD lainnya sehingga penetapan pembangunan prioritas jalan dilaksanakan sesuai aturan,” jelas Idwan.

Yang kedua, menurut Idwan karena Kabupaten Beltim dianggap peduli dengan jalan, di mana jalan-jalan yang sudah dibangun juga dirawat melalui Pemeliharaan Rutin dan Berkala.

“Anggaran Pemeliharaan rutin kita setiap tahunnya sekitar 13 persen lebih. Ini artinya kita bukan hanya mampu membangun jalan tapi juga peduli dengan jalan yang sudah ada,” kata Idwan.

Yang ketiga, dari inovasi layanan Cempedik atau Cepat Memperbaiki Aduan Insfrastruktur. Di mana Dinas PUPR menerima aduan langsung dari masyarakat melaui aplikasi tersebut terkait kondisi jalan yang rusak.

“Aplikasi pelaporan jalan rusak ini satu-satunya di Indonesia. Masyarakat lapor terus dari pemerintah desa akan cek, lalu meneruskan ke Tim Reaksi Cepat. TRC kita langsung turun ke lapangan untuk memperbaiki,” ujar Idwan. @2! (*/ Niza Karyadi )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *