by

Dorong Pemulihan Ekononomi, PT Timah Tbk Bantu Modal 11 UMKM di Pulau Belitung

BELITUNG TIMUR — PT TIMAH Tbk menyalurkan modal bagi pelaku Usaha Kecil Mikro Kecil (UMKM) di Pulau Belitung melalui program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) Triwulan II Tahun 2022, bertempat di ruang rapat Bupati Belitung Timur, Senin (27/06/2022).

Sebelumnya, PT Timah Tbk melalui program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) kembali menyalurkan dana PUMK Triwulan II Tahun 2022 sebesar Rp1,2 miliar bagi 27 Pelaku UMKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sedangkan di Pulau Belitung, PT Timah menyalurkan kepada Penerima pendanaan untuk Belitung Timur sebanyak sembilan orang dengan jumlah total Rp 335 juta, dan Kabupaten Belitung sebanyak dua orang dengan total Rp 225 juta. 

Penyaluran dana PUMK tersebut turut dihadiri Bupati Belitung Timur, Burhanudin, Kepala Bidang Koperasi Usaha Kecil Menengah, Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKUKMPTK) Kabupaten Belitung, Budi Swasta, Kepala Dinas Tenaga Kerja,Koperasi,Usaha Kecil dan Menengah Belitung Timur Gustaf Pilandra, Kepala Unit Produksi Belitung Achmad Haspani dan Kepala Bidang PUMK Sindhu Dhahono Putro.

Bupati Belitung Timur, Burhanudin memberikan apresiasi komitmen  PT Timah Tbk kepada masyarakat Beltim khususnya UMKM yang ada di Belitung Timur melalui program PUMK. 

” Harapan kita kepada UMKM yang mendapatkan modal bisa betul-betul berproduksi, bisa untuk memenuhi kebutuhan produksi ekonomi agar bisa membangkitkan ekonomi masyarakat,” kata Bupati.

Burhanudin juga berharap, semua proses bisnis UMKM dari hulu dan hilirnya UMKM dapat dibantu, difasilitasi, didukung dan dibina agar bisa berkembang dengan baik dan layak sebagai UMKM.

” Kepada seluruh masyarakat Beltim mari kita bangkitkan ekonomi dengan UMKM kita melalui pemanfaatan SDA yang ada di wilayah kita dengan maksimal,” harap Burhanudin.

Senada, Kepala Dinas Tenaga Kerja,Koperasi,Usaha Kecil dan Menengah Belitung Timur Gustaf Pilandra juga berterima kasih kepada PT Timah Tbk telah membantu permodalan UMKM di Kabupaten Belitung Timur.

” Alhamdulillah dari 17 proposal yang disampaikan kami lolos ada 9 UMKM, harapan kami ini tetap berkelanjutan,” kata Gustaf.

Gustaf juga berharap, kepada UMKM yang telah menerima permodalan itu bisa meningkatkan produksi mereka, sehingga tambah eksis dan memajukan UMKM mereka.

Sementara itu, Friskila Mardiana (42) salah satu pelaku usaha yang menerima bantuan program PUMK PT Timah Tbk sangat bersyukur atas pinjaman modal itu, sebab Ia bisa langsung menjadi mitra binaan PT Timah Tbk.

Ia menyebutkan sudah sejak lama ingin menjadi mitra binaan PT Timah Tbk, bahkan ia tahu binaan PT Timah Tbk itu dari salah satu mitra binaan di Beltim.

” Kami sangat bersyukur menjadi mitra binaan PT Timah Tbk, dan saya memang sudah lama ingin menjadi mitra binaan PT Timah Tbk ini,” katanya.

Ia berharap, dengan menjadi mitra binaan PT Timah Tbk bisa memperluas pemasaran produknya. Adapun beberapa produknya yakni madu trigona Friskila, minuman sari rempah Friskila serta perawatan khusus wanita dengan bahan rempah-rempah.*( Niza Karyadi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.