Budaya Spiritual Nusantara Dalam Perkembangan Fisika Kuantum Dan Hubungannya Dengan Level Of Conciousness

Budaya183 Views

JAKARTA – Perkembangan tradisi budaya spiritual terhadap fisika kuantum sering kali dihubungkan melalui analogi atau metafora yang berupaya menjembatani kesenjangan antara konsep ilmiah dan gagasan spiritual.

Secara umum, tradisi budaya spiritual dapat memberikan kerangka untuk memahami dan mengeksplorasi sifat kesadaran, dan dapat menawarkan praktik serta ritual yang mendukung pertumbuhan juga transformasi kesadaran pribadi.

Pada tingkat kesadaran yang lebih tinggi, tradisi budaya spiritual memainkan peranan penting, yakni dengan cara yang lebih bernuansa dan terintegrasi, sedangkan pada tingkat kesadaran yang lebih rendah lebih cenderung memakai cara yang lebih kaku atau dogmatis.

Beberapa tradisi spiritual serupa dengan prinsip keterikatan dalam fisika kuantum, bahwa konsep Observer Effect (efek pengamat) dalam fisika kuantum berkaitan dengan gagasan kesadaran memainkan peran mendasar dalam membentuk realitas, sehingga kesadaran kolektif manusia seluruh dunia dipastikan akan mempengaruhi situasi dan kondisi yang ada saat ini.

Tingkat kesadaran manusia bisa dipetakan secara menyeluruh, apalagi dalam perkembangan quantum saat ini, tingkat kesadaran manusia bisa diukur dan bisa dipetakan sesuai “Map of Consciousness” yang dibuat oleh David R. Hawkins. Pemetaan ini sangat diperlukan untuk mengantisipasi dan memperbaiki kesadaran ke tingkat yang lebih universal.

Bagaimana dengan Tradisi Budaya Spiritual Nusantara? Dalam perkembangan fisika quantum saat ini perlukah penguatan terhadap Budaya Nusantara sehingga nilai peradaban adiluhung kita tidak tergerus oleh perkembangan jaman yang banyak dipengaruhi oleh kepentingan para elite global dan bagaimana mengantisipasinya?

Mari kita simak bersama “Budaya Spiritual Nusantara Dalam Perkembangan Fisika Kuantum Dan Hubungannya Dengan Level Of Conciousness” melalui zoom “Ngopi Budaya Indonesia” yang akan diselenggarakan pada :

Hari : Jumat, 17 Februari 2023
Jam : 20:00-22:00 WIB

Dengan Narasumber :
DR. Ir. R. Kun Wardana Abyoto, MT. Ph.D (HC), (Director, UNI Asia Pacific)

Dan akan dipandu oleh Host : Cici Carolina dan Porta Kabayan

Link rapat :
https://us06web.zoom.us/j/7788996969?pwd=U3J3dllnQ2RUbXhCZERvSWoweG40dz09

ID Rapat : 778 899 6969
Passcode : 123458
(Enu)